Jumat, 18 Desember 2009

Poster Film Dokumenter Pabrik Dodol (dodol factory)

Jumat, 18 Desember 2009
tentang film :

Judul : Pabrik Dodol
Durasi : 10 menit
Tahun Produksi : 2009

Festival :
- HAMBURG INTERNATIONAL SHORT FILM FESTIVAL 2009
- ST. PETERSBURG INTERNATIONAL STUDENT FILM FESTIVAL 2009
- HANNOVER UP AND COMING INTERNATIONAL SHORT FILM FESTIVAL 2009
- dll

Film dokumenter berdurasi 10 menit ini disajikan tanpa dialog. untuk gantinya disuguhkan gambar-gambar yang cukup mewakili apa yang ingin disampaikan.
Film yang pernah diputar di beberapa festival di Eropa ini mengangkat keberadaan pengusaha dodol Garut. Pada awal film disajikan adegan-adegan para pekerja dodol tradisional dengan musik latar berirama riang sesekali terdengar alat-alat kerja beradu menghasilkan suara khas pabrik tradisional. Pada adegan lain seorang lelaki berpakaian serba putih tengah mengamati deretan mesin mengolah bahan baku dodol. di bagian akhir film ditampilkan kedua proses pembuatan dodol dalam bagian-bagian yang pendek seakan ingin menampilkan bahwa banyak tenaga manusia yang tergantikan oleh mesin.

tentang poster :

poster film ini menampilkan seseorang yang berjalan meninggalkan pabrik. hal ini ingin menggambarkan bahwa kini demi efisiensi dan lagi-lagi demi keuntungan sebesar-besarnya tenaga manusia harus dikalahkan oleh mesin. warna merah dan hitam ingin menggambarkan kaum pekerja dan pemilik modal dimana kaum pekerja yang diwakili warna merah hanya jadi asap, bayang-bayang dan hanya jadi margin.

0 komentar:

Posting Komentar

 
CETAK MERAH. Design by Pocket